CARA HEMAT UNTUK PINTER

CARA HEMAT UNTUK PINTER

Pengen pinter tapi anggaran pas-pasan buat beli buku? Nggak usah sedih atau nyerah. Banyak cara untuk jadi pinter. Salah satunya rajin ke perpustakaan. Berikut beberapa perpustakaan di Jakarta tempat biasa saya nongkrong yang saya rekomendasikan:

1. Perpustakaan Nasional Tertutup, di Salemba, 500 m dari kampus UI. Harus membawa KTP untuk membuat kartu agar bisa masuk dan membaca buku. Dulu biayanya 15.000. Syarat harus ada telpon rumah. Koleksi komplet, katalog online, sistem tertutup. Dekat gramedia Matraman yang arah UI. Bisa fotokopi tapi mahal.

2. Perpustakaan Nasional Terbuka, di Jl. Merdeka Selatan depan Monas. Dekat kantor Balaikota DKI Jakarta. Bebas masuk, boleh dipinjam 3 buku utk 2 minggu. Ada ruangan internet, ruangan khusus anak-anak lengkap dengan mainan edukasi dan boneka. Anak saya sangat senang diajak ke sana. Sabtu dan Minggu buka dari jam 08.00-16.00, cocok untuk meningkatkan minat baca anak. Anggota bisa langsung jadi. Syarat sama dengan Perpusnas sistem tertutup. Tersedia fotokopi.

3. Perpustakaan LIPI. Ada di gedung LIPI jl. Gatot Subroto. Hanya boleh baca di tempat. Syarat kartu ada surat keterangan karyawan dari perusahaan, atau kartu mahasiswa, juga KTP.

4. Perpustakaan Sumantri Brojonegoro, gedung wanita, pasar festival, kuningan, jaksel. sistem terbuka, bisa pinjam, syarat kartu ada no.telpon rumah. Tersedia fotokopi.

5. Perpustakaan UI Depok. Perpustakaan paling keren, koleksi lengkap dari tesis, disertasi, skripsi, jurnal, buku-buku, novel, kantin, minimarket, toko buku. Perpustakaan dengan konsep berwawasan lingkungan. Lokasi paling keren buat nongkrong terutama untuk para jones. Tersedia fotokopi.

Dari semua perpus itu saya paling suka sama Perpusnas terbuka karena bisa pinjam. Karena saya dan anak2 dari 4 tahun udah punya kartu, jadi sekali pinjam bisa 12 buku untuk 2 minggu. Sangat cocok kalau lagi pengen ngajak jalan anak2 tapi dana pas-pasan. Bisa bawa bekal dari rumah. sekalian piknik grin emotikon.
Satu lagi, untuk urusan mencari data tulisan saya paling suka Perpusnas tertutup, tapi ngabisin duit krn harus fotokopi.

Perpus UI Depok juga saya rekomendasikan. Selain keren buat ngecengin mahasiswa/wi yg pinter2 dan cakep, bisa buat menebus masa lalu yg gagal kuliah di situ. :v :v Untuk cari bahan tulisan juga oke punya. Tapi, setelah ditemukannya korban pembunuhan di danau depan perpus, saya rasa jangan berani ke perpus sendirian, pasti merinding dangdut wkwkwk.

Sekian laporan seputar perpustakaan di Jakarta. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »